Rabu, 21 Desember 2011

GULA DARAH


Pemakaian Gula Darah
Glukosa darah atau yang popular dengan gula darah adalah bahan bakar tubuh. Selain itu, glukosa dicadangkan dalam bentuk glikogen. Jika asupannya banyak, glukosa akan disimpan sebagai trigliserida pada jaringan adiposa.

1.    Gula darah merupakan sumber energi yang paling aktif digunakan oleh tubuh melalui proses glikolisis lengkap (Embden Meyerhof, Kreb Circle).
2.    Selain untuk energi, glukosa disintesis menjadi asam lemak melalui jarum malonil dan kemudian dengan gliserol akan membentuk trigliserida.
3.    Glukosa selain disimpan sebagai lemak cadangan melalui proses lipogenesis, juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk sintesis asam amino nonesensial melalui proses aminasi asam keto.
4.    Glukosa juga dapat disintesis menjadi bahan aktif lain, seperti golongan glikolipid atau glikoprotein.
5.    Sebaliknya, jika pemakaian glukosa mengalami hambatan, seperti kekurangan insulin atau reseptor pada dinding sel, akan berakibat meningkatnya gula darah yang disebut hiperglikemi. Jika kadar gula tersebut telah melewati ambang kemampuan ginjal, kadar gula yang tersisa akan keluar melalui urine sebagai glikosuria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar