Rabu, 21 Desember 2011

KINETIKA


Kinetika kimia merupakan bagian dari ilmu Kimia Fisika yang mempelajari tentang kecepatan reaksi-reaksi kimia dan mekanisme reaksi-reaksi yang bersangkutan. Tidak semua reaksi kimia dapat dipelajari secara kinetik. Reaksi-reaksi yang berjalan sangat cepat seperti reaksi-reaksi ion atau pembakaran dan reaksi-reaksi yang sangat lambat seperti pengkaratan, tidak dapat dipelajari secara kinetik. Diantara kedua jenis ini, banyak reaksi-reaksi yang kecepatannya dapat diukur.
Ditinjau dari fase zat yang bereaksi, dikenal dua macam reaksi, yaitu :
a.             Reaksi homogen, yaitu reaksi dimana tidak terjadi perubahan fase.
b.            Reaksi heterogen, yaitu reaksi dimana terjadi perubahan fase.


Kecepatan reaksi adalah kecepatan perubahan konsentrasi terhadap waktu, jadi -dc/dt tanda negatif menunjukkan bahwa konsentrasi berkurang bila waktu    bertambah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi :
1.      Sifat dasar pereaksi
Zat-zat berbeda secara nyata dalam lajunya mereka mengalami perubahan kimia. Molekul hidrogen dan flour bereaksi secara meledak, bahkan pada temperatur kamar, dengan menghasilkan molekul hidrogen fluorida.
2.      Temperatur
Laju suatu reaksi kimia bertambah dengan naiknya temperatur. Kenaikan laju reaksi ini dapat diterangkan sebagian sebagai lebih cepatnya atom-atom bertabrakan satu sama lain.
3.      Katalis
Suatu zat yang meningkatkan kecepatan suatu reaksi kimia tanpa dirinya mengalami perubahan yang permanen. Suatu katalis diduga mempengaruhi kecepatan reaksi dengan salah satu jalan :
a.       Pembentukan senyawa antara (katalis homogen)
b.      Adsorpsi (katalis heterogen)

4.      Konsentrasi
Laju suatu reaksi dapat dinyatakan sebagai laju berkurangnya konsentrasi suatu pereaksi, atau sebagai laju bertambahnya konsentrasi suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar